الله أكبر ×9 لا إله إلا الله، والله أكبر ، الله أكبر ولله الحمد
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ
وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ
وَمَنْ يُضْلِلْ
فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ وَمَنِ
اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Hadirin, Sidang Jamaaah Idul Adha yang berbahagia!

II. Makna Hakiki Idul Adha
Dalam kesederhanaan, nilai (ajaran) kurban ini tergambar di dalam penyembelihan hewan kurban itu sendiri; (1) niatnya karena Allah , (2) yang sampai kepada Allah bukan darah atau daging kurban tetapi keimanan dan ketakwaan orang berkurban,(3) daging kurban itu sendiri didistribusikan secara adil dan merata terutama kepada mereka yang benar-benar membutuhkan sebagai kepedulian kepada lingkungan dan upaya meningkatkan kebersamaan solidaritas sosial, (4) pendistribusian secara adil dan merata, dilakukan sebagai pengamalan perintah syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah.(5) dan pahala pertama, untuk orang yang berkurban itu sendiri dan kedua, untuk semua pihak yang mendukung dan menciptakan suasana yang kondusif hingga terselenggaranya aktivitas pengorbanan karena Allah.Demikian juga bagi mereka yang sedang melaksanakan haji, jika mereka diwajibkan menyembelih (unta, kambing, biri-biri, dan sapi), hendaklah disembelih di tanah haram dan dagingnya di hadiahkan kepada fakir miskin dalam rangka ibadah haji.
Allahu Akbar 3x Walillah al-Hamd
1. Niat Berqurban untuk Idul Adha
a. Sanggup membebaskan diri dari pengaruh hawa nafsu.
b. Mampu mengendalikan diri sehingga ia tidak terjerumus ke dalam dan perilaku hidup hedonistic.
c. Di dalam ia melakukan sesuatu perbuatan, ia hanya melakukan perbuatan yang benar-benar perlu dan diperlukan; ia bertindak efisien, disiplin, istiqamah, dan selalu peduli terhadap lingkungan dalam rangka memupuk kesadaran dan solidaritas.
d. Seluruh aktivitasnya, gerak maupun diamnya , seluruhnya ia niatkan karena Allah.
Esensi niat karena Allah adalah memurnikan ketaatan dan kepatuhan hanya kepada Allah sebagai wujud dari keimanan dan kesadaran selaku makhluk hamba Allah, dan khalifah Allah di muka bumi. Allah berfirman:
Niat karena Allah mempunyai fungsi antara lain: (1) menumbuhkan kesadaran tentang keberadaan (existensi) Allah , (2) menginsyafkan bahwa ketaatan, kepatuhan, kepasrahan, dan ketundukan hanya pantas diberikan kepada Allah, (3) menanamkan kesadaran bahwa Allah tidak membeda-bedakan manusia, tidak ada perbedaan antara kaya dan miskin, majikan atau buruh, pejabat atau bukan, semuanya dituntut untuk mentaati hukum; yaitu mengedepankan supremasi hukum; untuk melaksanakan kewajiban, ketentuan, dan peraturan, seluruh manusia sama di hadapan Allah; iman dan takwalah yang membuat seseorang dekat dan mulia di sisi Allah. (4) menjadikan Allah sebagai motivasi dan tujuan hidup dan (5) menghilangkan semua penyakit hati, seperti Syirik, kufur, munafik, takabbur, riya, ‘ujub,, dan lain sebagainya.
Orang yang memiliki niat yang mempunyai keimanan dan kesadaran seperti ini, akan dapat melakukan apa saja yang diperintahkan Allah, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as, dan keluarganya pada saat Nabi Ibrahim menerima perintah dari Allah untuk mengorbankan putranya Ismail as.
Padahal Nabi Ibrahim puluhan tahun mendambakan anak, begitu Allah memberikan anak dan ketika anak telah sampai usia tamyiz, bisa mambantu dan berusaha bersama ayahnya Ibrahim datanglah perintah Allah untuk mengorbankannya. Apa yang menyebabkan Nabi Ibrahim siap untuk mengorbankan anaknya?
a. Kecintaan Nabi Ibrahim terhadap putranya tidak dapat menghalangi kepatuhan dan ketaatannya kepada Allah.
b.Ismail sendiri bahkan bersedia mengorbankan jiwa dan raganya karena patuh dan taat kepada Allah .
a. Siti Hajar ra, sekalipun air matanya nampak menitik pertanda bahwa ia tidak dapat menyembunyikan kesedihannya, tetapi secara pasti ia berkata: “aku rela kalau itu memang perintah Allah”.
b. Setelah merasa pasti bahwa itu adalah keputusan dan ketetapan Allah, dalam kepastiannya sebagai pemimpin, sebagai orang kaya, bahkan sebagai orang yang bergelar Khalilullah, sebagai orang yang mempunyai kedekatan dengan Sumber Hukum dan Sumber Kebijakan. Tidak sedikitpun terbetik di hati Ibrahim dan keluarganya agar mereka diperlakukan secara berbeda di dalam melaksanakan peraturan dan ketentuan. Karena Nabi Ibrahim dan keluarganya sadar bahwa di hadapan Hukum Allah semua manusia sama; harus taat kepada perintah, taat kepada keputusan hukum, taat kepada peraturan dan ketentuan.
Kepatuhan dan ketaatan yang dijiwai oleh semangat pengorbanan karena Allah ini, divisualisasikan (diragakan) secara simbolik dengan penuh keimanan dan keinsyafan oleh mereka yang melaksanakan ibadah haji, dan mereka yang melakukan ibadah kurban.
Aktivitas orang yang melakukan ibadah haji seluruhnya mencerminkan kepatuhan dan ketaatan ini. Bahkan untuk mencontoh Rasulullah – mencium hajar aswad (batu hitam) sekalipun mereka ikhlas dan rela melakukannya karena patuh dan taat kepada Allah . Hal ini, sejalan dengan apa yang mereka nyatakan di dalam talbiyah , Labbaik Allahumma Labbaik (Ya, Allah ini aku datang memenuhi panggilan-Mu; siap untuk melaksanakan apapun yang Engkau perintahkan, siap meninggalkan apapun yang Engkau larang ! Di dalam kehidupan pasca ibadah haji , kesiapan inilah yang menjadi salah satu indikasi penting bagi seseorang apakah hajinya mabrur atau tidak!
2. Orientasi Berqurban untuk idul adha
Orientasi pengorbanan karena Allah diwujudkan dalam bentuk kepedulian sosial dan perhatian terhadap lingkungan:
Ayat di atas Allah menyatakan bahwa daging kurban boleh dinikmati oleh orang yang berkurban yang merupakan nikmat dan anugrah Allah, tetapi sebagian yang lain; didistribusikan secara adil dan merata terutama kepada mereka yang benar-benar membutuhkan sebagai bentuk kepedulian sosial dan perhatian terhadap lingkungan.
3. Kemanfaatan Berqurban untuk Idul Adha
b. Nikmat dan karunia Allah tidak hanya oleh orang-orang tertentu saja melainkan juga oleh orang-orang yang berada di lingkungannya, terutama oleh mereka yang berada pada posisi mustad’afin.
c. Penyakit-penyakit sosial, seperti sikap apatis, individualistik, egoistic, dan kazaliman-kezaliman lainnya diharapkan dengan sendirinya akan terkikis melalui proses interaksi dalam kehidupan sosial yang dijiwai oleh semangat pengorbanan karena Allah, sehingga apa yang disebut dengan kesenjangan sosial akibat ketidak adilan yang dapat menimbulkan antara lain sikap dan perilaku kriminalitas serta anarkis dan kejahatan-kejahatan ekonomi dan sosial lainnya dapat dihindarkan.
4. Cara Berqurban untuk Idul Adha
Setelah Ibrahim as yakin bahwa mimpi itu, benar-benar perintah Allah, iapun berbulat hati untuk melaksanakannya. Ayah dan anak tunduk pada kehendak Allah, tetapi Allah yang kemudian menghentikannya. Sesudah nyata kesabaran dan ketaatan Ibarahim dan Ismail as maka Allah melarang menyembelih Ismail dan untuk meneruskan kurban, Allah menggantikannya dengan seekor kambing yang besar yang dagingnya diperintahkan untuk didistribusikan secara adil dan merata terutama kepada mereka yang membutuhkannya. فكلوا منها وأطعموا البائس الفقير peristiwa ini menjadi dasar syariat Kurban yang dilakukan setiap tahun dalam rangkaian Hari Raya dan Ibadah Haji.
5. Tujuan Berqurban untuk Idul Adha 2015
Tujuan berkurban adalah taqarrub kepada Allah, yaitu mendekatkan diri sedekat mungkin kepada-Nya untuk memperoleh rahmat, maghfirah, dan ridha-Nya. Upaya mendekatkan diri kepada Allah تقرب إلى الله adalah proses yang terus menerus bergerak tanpa henti. Karena taqarrub إلى الله merupakan proses terus menerus tanpa henti; maka di dalamnya pasti terdapat dinamika, terdapat aktivitas, kreativitas, produktivitas, dan inovasi-inovasi, yang kesemuanya berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan Allah; berjalan secara efisien, efektif, disiplin, istiqamah, dan manfaat bagi lingkungannya.
Allahu Akbar 3x Walillahi al- Hamd!
Ada 3 hal yang terus menerus bergerak dalam proses taqarrub إلى الله terus menerus bergerak tiada henti berzikir kepada Allah, ia bahkan melakukan تخلق بأخلاق الله ; proses internalisasi,; melakukan penyontohan dan peneladanan terhadap sifat dan akhlak Allah, sehingga akal sebagai top exekutif (presiden) di dalam wilayah kekuasaan jasmani dan ruhani dapat mengintruksikan kepada pancaindra dan anggota badan dengan instruksi-instruksi yang telah terilhami, yaitu akibat hatinya yang terus menerus berzikir dan takhalluq bi akhlaqillah . Maka yang keluar dari anggota badannya – yaitu sebagai tahaqquq atau realisasi dari zikir dan pikir serta proses peneladanan terhadap sifat dam akhlak Allah tadi – tiada lain adalah aktivitas-aktivitas, produktivitas, dan inovasi-inovasi yang positif konstruktif dan berguna yang berwujud kegiatan-kegiatan yang di dalam bahasa agama disebut amaliyah shalihah yang pada gilirannya akan membentuk budaya dan kebudayaan yang saleh pula.
b. Kedudukan dan Martabat orang Berqurban untuk idul adha 2015
d. Keadaan Masyarakat dan Lingkungan
III. Makna Instrumen tal Idul Adha/ Ibadah Kurban
Hadirin, Kaum muslimin dan Muslimat yang berbahagia!
Nilai-nilai, semangat, dan sejarah berkurban seperti yang telah kita sebutkan hanya akan menjadi “laksana mutiara dalam lumpur” manakala kita tidak dapat mewujudkannya ke dalam kenyataan hidup dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, sesuai dengan maksud dan tujuannya, seyogyanya ibadah kurban yang disyari’atkan oleh Allah ini, kita jadikan sebagai sarana pendidikan; kita jadikan sebagai instrumen atau alat untuk mewujudkan nilai-nilai intrinsiknya (harkat yang terkandung di dalamnya ) diaplikasikan dalam kenyataan kehidupan kita sehari-hari, sehingga sesuai dengan sifatnya dan kemanfaatannya dapat dirasakan secara bersama-sama, terutama oleh masyarakat dan lingkungan di mana kita berada.
IV. Penutup
Hadirin yang berbahagia !
Di samping itu bangsa Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari krisis-krisis yang melanda bangsa ini, seperti krisis sosial, krisis kepemimpinan, politik, krisis ekonomi, bahkan krisis moral, krisis nilai, ajaran, solidaritas sebagai bangsa, krisis kepercayaan, krisis kejujuran, dan semangat pengorbanan. Nampaknya, kita sangat membutuhkan semangat pengorbanan dan solidaritas, agar kita dapat keluar dan terbebas dari segala bentuk krisis yang kita sedang alami. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku khatib mengajak; marilah Hari Raya Idul Adha dan penyelenggaraan ibadah kurban kali ini, kita jadikan sebagai momentum untuk mewujudkan nilai, ajaran, semangat nilai jiwa pengorbanan karena Allah, dan solidaritas, baik sebagai bangsa Indonesia, maupun sebagai umat Islam sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim as dan keluarganya.
Kepada mereka yang menunaikan ibadah haji, semoga hajinya diterima oleh Allah sebagi haji yang mabrur. Kepada mereka yang kini dilanda berbagai musibah dan kesulitan, terutama kesulitan yang diakibatkan oleh berbagai krisis seperti yang disebutkan sebelumnya, semoga Allah memberikan kesabaran dan segera menghindarkan mereka dari kesulitan-kesulitan yang mereka alami.
Orang-orang yang sabar mereka dimasukkan dalam syurga tanpa melalui timbangan amal baik atau buruk di hari kiamat.
Amin ya rabbal ‘alamin.
[2] لن ينال الله لحومها ولا دماؤها ولكن يناله التقوى منكم … (الحج :22 : 37)
[3] والبدن جعلناها لكم من شعائر الله لكم فيها خير، فاذكروا اسم الله عليها صوافَّ ، فإذا وجبت جنوبها فكلوا منها وأطعموا القانع والمعترَّ ، كذلك سخرناها لكم لعلكم تشكرون. (الحج\ 22 : 36)
[4] لكم فيها منافع إلى أجل مسمًّى ثم محِلُّهـا إلى البيت العثيق . (الحج \ 22 : 33)
[5] Pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan adalah tujuan utama dalam hidup. (Kamus Besar Bahasa Indonesia: 1989: 302
[6] فلما بلغ معه السعى قال يا بنى إنى أرى فى المنام أنى أذبحك فانظر ماذا ترى، قال يا أبت افعل ما تؤمر ، ستجِدنى إن شاء الله من الصابرين. (الصافات\37: 102)
Secara
harfiah ‘Id al-Adha artinya adalah Hari Raya Kurban. Dinamai demikian karena
dimaksudkan untuk mengingat pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as.
dan keluarganya untuk dicontoh, diteladani, dan diwujudkan nilai-nilainya oleh
orang-orang yang beriman.
Hadirin,
kaum Muslimin jamaah Id al-Adha yang berbahagia !
Dengan
demikian ada lima ciri yang terdapat di dalam aktivitas pengorbanan karena
Allah. Kelima cirri tersebut berkaitan dengan (1) niatnya, (2) orientasinya,
(3) kemanfaatannya, (4) caranya dan (5) tujuannya.
Aktivitas
pengorbanan yang disyari’atkan oleh Islam adalah aktivitas pengorbanan yang
diniatkan karena Allah. Dalam konteks ini, al-Ghazali mengemukakan dalam Ihya
bahwa seseorang tidak sampai kepada Allah (tidak akan dapat mencapai posisi
kurban atau dekat dengan Allah; amal ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah)
kecuali apabila orang itu :
وما أمروا إلا
ليعبدوا الله مخلصين له الدين حنفاء… (البينة\98 :5)
Padahal
mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan
kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus… .
يآأبت افعل ما تؤمر
ستجدنى إن شاء الله من الصابرين. (الصافات\37:102)
“Wahai
ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan
mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.
فكلوا منها وأطعموا
البائس الفقير. (الحج\ 22 : 28)
Maka
makanlah sebagian dari padanya dan sebagian lagi berikanlah untuk makan
orang-orang yang sengsara lagi fakir.
Kemanfaatannya
dirasakan oleh semua pihak:
a. Pihak
yang berkurban, kualitas keimanan, dan ketakwaannya bertambah; posisinya
semakin dekat kepada Allah.
Cara
berkurban karena Allah, seperti yang ditunjukkan oleh Allah sendiri, yaitu
bukan dengan cara membinasakan manusia, tetapi justru dengan menyelamatkan
manusia dan kemanusiaan; dengan jalan mensyukuri nikmat dan karunia Allah,
dalam rangka mengoptimalisasikan kemanfaatan nikmat dan karunia Allah yang
telah diberikan oleh Allah dan menebarkannya secara adil dan merata.
Perintah
penyembelihan terhadap Ismail semata-mata dimaksudkan hanya sebagi ujian,
sebagai tuntutan pembuktian atas tekad kesetiaan yang pernah dinyatakan oleh
Ibrahim as sendiri. Di samping sebagai Nabi, Ibrahim adalah seorang kaya yang
sangat dermawan. Ia banyak mengorbankan harta kekayaannya untuk kepentingan
sosial. Suatu waktu ia diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih sejumlah
kambing dan sejumlah unta sebagai kurban dan santunan bagi masyarakat yang ada
disekitarnya. Pujianpun banyak berdatangan tertuju kepadanya. Waktu itu, ia
belum dikarunia anak. Pada waktu itulah ia berkata; bahwa anak sendiripun akan
dikorbankan apabila hal itu, diperintahkan oleh Allah. Maka tatkala anak itu
benar-benar telah lahir, bahkan telah dapat membantu pekerjaannya dan tentu
merupakan anak yang sangat didambakan dan dicintai oleh Ibrahim as dan
isterinya Siti Hajar. Dan datanglah tuntutan Allah agar Ibarahim membuktikan
tekad dan kesetiaannya kepada Allah.
Hadirin,
Kaum Muslimin Sidang ‘Id yang berbahagia !
Harkat,
martabat, dan kedudukan orang yang takarrub kepada Allah juga terus menerus
bergerak menuju kemuliaan dan kesempurnaan. Yaitu seiring dengan amaliyah
–amaliyah salihah yang ia lakukan dan prestasi-prestasi mubarakah yang ia raih.
Keadaan
masyarakat dan lingkungan orang yang takarrub kepada Allah juga terus menerus
bergerak menuju kebahagiaan dan kesejahteraan yang diridhai oleh Allah SWT .
Sebab dari diri orang yang takarrub kepada Allah akan memancar cahaya, yaitu
cahaya dalam bentuk amaliyah-amaliyah salihah tadi, yang dapat menghilangkan
kepekatan-kepekatan sosial dan kesemerawutan tatanan kehidupan dan lingkungan,
sehingga apa yang disebut di dalam Al-Qur’an dengan baldatun tayyibatun wa
rabbun gafur dapat terwujud menjadi kenyataan.
Allahu Akbar
3x Walillah al-Hamd
Hadirin kaum
muslimin sidang Idul Adha yang berbahagia!
Demikianlah,
Khutbah Tentang Ibadah Kurban / ‘Id al-Adha tidak boleh berhenti hanya pada
makna intrinsiknya, akan tetapi ia harus berlanjut dengan mengaplikasikan
makna-makna tersebut melalui makna instrumentalnya: dan inilah yang dikehendaki
oleh setiap peribadatan atau ritual dalam Islam.
Di dalam
situasi dan kondisi seperti sekarang ini, di mana bangsa Indonesia mendapat
cobaan yang beruntun, tidak putus-putusnya; mulai dari musibah Tsunami di Aceh
dan Nias, Tsunami di Sukabumi, Cirebon, dan lain-lain tempat. Gempa bumi di
Yogyakarta dan terakhir ini, musibah Semburan Lumpur Panas di Sidoarjo yang
masih berlangsung sampai hari ini dan juga bermunculan semburan Lumpur di
beberapa tempat di Jawa dan Kalimatan.
Dengat
semangat taqarrub kepada Allah kita tingkatkan zikir dan pikir kita, kita
tingkatkan semangat pengorbanan dan solidaritas, kita tingkatkan proses
penyontohan serta peneladanan terhadap sifat dan akhlak Allah tertutama
terhadap sifat-sifat-Nya Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Maha Pengatur
dan Maha Pemelihara, Maha Pemberi Pertolongan dan Maha Penyantun, Maha Pemaaf
dan Maha Pemberi Nikmat, Maha Pelimpahan Kebaikan dan Maha Pemberi Karunia,
Maha Pemberi tobat dan Maha Pembebas dari segala penderitaan dunia maupun
penderitaan akhirat. Dengan cara seperti itulah إن شاء اللهkita akan mampu menghadapi
krisis-krisis yang kini sedang melanda kita bangsa Indonesia; Hanya dengan cara
meningkatkan zikir dan pikir dengan meningkatkan taqarrub kita kepada Allah dan
berakhlak dengan sifat dan akhlak Allah, dengan memohon taufiq, hidayah, dan
“inayah Allah, kita akan dapat melewati segala bentuk krisis tersebut karena
kita senantiasa bersama Allah. Kita dapat menjalani hidup dan kehidupan ini
dengan sukses , penuh dengan rahmat, maghfirah, keberkahan, dan keridhaan-Nya
apapun tantangan dan ujiannya! Kita memohon kiranya Allah SWT berkenan memberi
kekuatan dan kemampuan kepada kita, memberikan taufiq, hidayah, dan ‘inayah-Nya
kepada kita semua, terutama kepada mereka yang berada pada posisi “bisa
membantu” mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.
Kita ucapkan
selamat kepada mereka semua yang berkurban; karena niatnya yang tulus ikhlas,
amal ibadahnya diterima oleh Allah; dosa dan kesalahan mereka diampuni; segala
usaha dan aktivitasnya diberkati, sedang perniagaannya dengan Allah, yaitu
pengorbanannya di jalan Allah yang berdimensi vertikal dan horizontal, yang
berdampak kepada harmonisnya kehidupan sosial, mendapatkan anugerah dan ridha
Allah. Di dunia mereka mendapatkan bimbingan dan tuntunan Allah. Sedang di
akhiratnya nanti mereka dimasukkan ke dalam syurga dengan limpahan rahmat,
maghfirah, dan ridha Allah SWT.
إنما يُوَفَّى
الصابرون أجرَهم بغير حساب . (الزمر\ 39 : 10 )
Sesungguhnya
hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.
Kepada kita
semua, kepada bangsa Indonesia, kepada kaum mukminin dan mukminat di manapun
mereka berada, kepada ibu dan bapak kita, kepada para pemimpin kita, kepada
anak, cucu dan keluarga kita, kepada generasi kita yang akan melanjutkan hidup
kita, kiranya Allah berkenan memberikan ketetapan iman dan Islam, memberikan
taufiq, hidayah dan ‘inayah-Nya, memberikan kemudahan dan keberkahan-Nya, sehingga
kita dapat memperoleh kebahagian dan kesejahteraan di dunia dan akhirat kelak.
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات، والمؤمنين
والمؤمنات، الأحياء منهم والأموات، إنه
قريب مجيب الدعوات ويا قاضى الحاجات ويا غافر الذنوب والخطيئات، برحمتك يا أرحم الراحمين. والحمد لله رب
العالمين .
والسلام عليكم ورحمة الله
وبركاته .
[1] ومن الناس من يشرى نفسه ابتغاء مرضات الله ، والله رؤوف
بالعباد. (البقرة :2 : 207)
Dan di
antara manusia ada yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah ; dan
Allah Maha Penyantun kepada hamba-hambanya.
Daging-daging
unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah ,
tetapi ketaqwaan dari kamu yang dapat mencapainya.
Dan telah
Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syi’ar Allah, kamu
memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika
kamuj meyembelinya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Dan kemudian
telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela
dengan apa yang ada padanya (yang tidak minta-minta) dan orang yang meminta.
Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepadamu, mudah-mudahan kamu
bersyukur.
Bagi kamu
pada binatang-binatang (hadyu), itu ada beberapa manfaat sampai kepada waktu
yang telah ditentukan, kemudian tempat wajib (serta akhir masa), menyembelihnya
ialah setelah sampai ke Baitul Atiq (Baitullah).
فلما أسلما وتله للجبين .(103)
وناديناه أن يا إبراهيم .(104)
قد صدقت الءيا ، إنا كذلك نجزى
المحسنين. (105)
إن هذا لهو البلاء المبين . (106)
وفديناه بذبح عظيم.(107)
Maka tatkala
anak itu sampai pada usia dapat berusaha bersama-sama Ibrahi, Ibrahim berkata;
“Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu . Maka
fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab : Wahai ayahku , kerjakanlah apa yang
diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang
yang sabar. (102)
Tatkala
keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipisnya,
nyatalah kesabaran keduanya .(103)
Dan Kami
panggil dia: Hai Ibrahim. (104)
Sesungguhnya
kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan
kepada orang-orang yang berbuat baik.(105)
Sesungguhnya
ini benar-benar suatu ujian yang nyata.(106)
Dan Kami
tebus anak itu dengan seokor sembelihan yang besar. (107)
No comments:
Post a Comment