
Kisah Nabi Ibrahim as Dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an
memiliki perhatian yang kuat dalam mengisahkan tentang kehidupan Nabi
Ibrahim as. Setikanya, kisah Nabi Ibrahim as disebutkan sebanyak 25
kali, yang tersebur dalam 20 surat, dengan total ayat yang bercerita
tentang beliau sebanyak 156 ayat. Jumlah ini merupakan jumlah yang cukup
besar untuk mengisahkan perjalalan da'wah dan kehidupan Nabi Ibrahim
as. Salah satu hikmahnya adalah bahwa kita diminta untuk mengambil
hikmah dan ibrah yang mendalam dan sangat banyak dalam perjalanan da'wah
dan kehidupan Nabi Ibrahim as.
Kelahiran & Kehidupan Nabi Ibrahim as Hingga Dewasa
Nabi
Ibrahim as dilahirkan di negeri Babilonia, di wilayah Iraq. Di negeri
ini seluruh penduduknya adalah para penyembah berhala. Negeri ini
dipimpin oleh Raja Namrudz bin Kan'an yang sangat otoriter, yang bahkan
ia memerintahkan penduduknya untuk mengagungkan dirinya, memuliakannya
bahkan menyuruh mereka untuk menyembahnya. Pada masanya, Raja Namrudz
sangat ditakuti. Apa yang dikatakannya, akan diikuti oleh semua orang.
Dan tidak ada seorang pun yang berani menyanggah atau bahkan
mendebatnya, kecuali Nabi Ibrahim as. Beliaulah satu-satunya orang yang
berani menyanggah dan mendebat Namurdz bin Kan'an.
Garis Keturunan Nabi Ibrahim as Keatas Dan Kebawah
Bapak
Nabi Ibrahim as bernama Azar. Walaupun ada juga yang mengatakan bahwa
bapaknya bernama Tarih. Namun jumhur ulama sepakat mengatakan bahwa
Bapak beliau bernama Azar, berdasarkan dalil Qur'an dan sunnah, yaitu :
- QS Al-An'am 94 ( وإذ قال إبراهيم لأبيه آزر أتتخذ أصناما آلهة )
- HR Bukhari ( يلقي أبراهيم أباه آزر يوم القيامة )
Apabila
ditarik keatas dari garis keturunan Bapaknya, maka kakek beliau ke yang
ke IX adalah Nabi Nuh as. Nabi yang dikenal sebagai Nabi yang besar
pengorbanannya ini juga disebut sebagai Abul Anbiya' (Bapak para Nabi)
karena memiliki keturunan para nabi, hingga ke Nabi Muhammad SAW.
Keturunan beliau yang menjadi nabi dapat disimpulkan dari dua garis :
- Dari garis keturunan nabi Ishak lahir seluruh nabi-nabi Bani Israil.
- Dari garis keturunan nabi Ismail lahirlah nabi Muhammad SAW.
Berpindah Dari Satu Tempat Ke Tempat Lainnya
Nabi
Ibrahim as tumbuh dan tinggal hingga dewasa di Babilonia. Kemudian
bersama bapaknya beliau berpindah ke Baitul Maqdis dan menetap di sana.
Bersamanya turut serta pula keponakan beliau, yaitu Nabi Luth as. Mereka
juga menetap di negri Hiran di wilayah Kan'aniyin yang luas wilayahnya
membentang dari Syam hingga Jazirah Arab, yang penduduknya juga adalah
para penyembah berhala. Penduduk Hiran menyembah bintang-bintang, dan
membuat dari tiap bintang bentuk berhalanya yang di gantung dan mereka
sucikan, di pintu-pintu rumah mereka. Demikianlah, Nabi Ibrahim as hidup
di tengah-tengah lingkungan yang keseluruhannya menyekutukan Allah SWT.
Baik itu dari keluarganya, maupun masyarakat dan bangsanya. Namun Allah
SWT tetap menjaga beliau, istiqamah dalam ketauhidan kepada Allah SWT.
Profesi Azar, Kehidupan Kaumnya Dan Terjaganya Nabi Ibrahim Dari Pengaruh Berhala
Bapak beliau, Azar berprofesi sebagai pembuat sekaligus sebagai
penjual berhala Hal ini lah yang kemudian menjadikan Azar memiliki
“tempat” dan dihormati oleh mereka. Namun kendatipun suasana penyembah
berhala, baik yang dilakukan keluarganya, kaumnya serta bangsanyta,Nabi
Ibrahim as tumbuh dengan ri'ayah Allah terjaga dari hal-hal tersebut.
Hal ini sebagaimana digambarkan dalam ayat (QS An-Nahl 120 - 121) :
إن إبراهيم كان أمة قانتا لله حنيفا ولم يك من المشركين شاكرا لأنعمه اجتباه وهداه إلى صراط مستقيم
Sesungguhnya
Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh
kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk
orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan),(lagi) yang mensyukuri
ni`mat-ni`mat Allah, Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada
jalan yang lurus.
Mengenai
ayat ini, Ibnu Mundzir meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, tentang firman
Allah ( كان أمة ) yaitu Imam dalam kebaikan. Dan firman Allah ( قانتا ),
yaitu taat kepada Allah. (Fathul Qadir – Syaukani). Dan menguatkan
keIslam serta keistiqamahan nabi Ibrahim as dalam ajaran tauhid adalah
firman Allah SWT : QS Ali Imran 67
ماكان إبراهيم يهوديا ولا نصرانيا ولكن كان حنيفا مسلما وما كان من المشركين
Ibrahim
bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia
adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan
sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik."
Bahkan bukan hanya terjaga keimanannya kepada Allah SWT semat, Nabi
Ibrahim as juga secara terang-terangan mengikrarkan Keislamannya serta
memperlihatkan pengingkarannya terhadap kemusyrikan. Hal ini sebagaimana
digambarkan dalam Al-Qur'an : QS Al-An'am 79
إني وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا وما أنا من المشركين
Sesungguhnya
aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi
dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk
orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
Da'wah Nabi Ibrahim as Kepada Bapaknya
Nabi
Ibrahim memulai da'wahnya pertama-tama kepada Bapaknya sendiri, yaitu
Azar. Hal ini beliau lakukan dengan alasan atau pertimbangan tersendiri,
yaitu :
- Supaya kebaikan pertama kali muncul dari keluarganya. Rasulullah SAW pun juga mengikuti langkah beliau, yang menda'wahi keluarganya terlebih dahulu.
- Karena Bapaknya adalah pembuat dan penjual berhala, yang apabila Bapaknya mengikuti da'wahnya, berarti otomatis biang kemusyrikan bisa ditiadakan.
Nabi Ibrahim as
sangat membenci berhala-berhala. Pernah suatu ketika Azar mengejak
beliau ke tempat penyembahan berhala. Pada saat tersebut nabi Ibrahim
seorang dukun yang tengah berdiri dihadapan berhala dengan posisi ruku'
meminta kepada berhala. Lantas nabi Ibrahim menghardiknya, sebagaimana
diabadikan dalam Al-Qur'an. Peristiwa ini terjadi sebelum beliau
diangkat menjadi Nabi : QS. Al-An'am 74 :
وإذ قال إبراهيم لآبيه آزر أتتخذ أصناما آلهة إني أراك وقومك في ضلال مبين
Dan
(ingatlah) di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya Aazar: "Pantaskah
kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku
melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata".
Setelah beliau menjadi nabi, beliau juga menda'wahi kembali
Bapaknya. Bahkan setelah menjadi nabi, beliau menda'wahi bapaknya dengan
penjelasan yang lebih luas. Hal ini sebagaimana yang dibadikan Allah
dalam firman-Nya : QS. Maryam 42 - 45
ياأبت
لم تعبد مالا يسمع ولا يبصر ولا يغني عنك شيئا، ياآبت إني قد جاءني من
العلم ما لم يأتك افاتعني أهدك صراطا سويا، ياأبت لا تعبد الشيطان إن
الشيطان كان للرحمن عصيا، ياأبت إني أخاف أن يمسك عذاب من الرحمن فتكون
للشيطان وليا
Ingatlah
ketika ia berkata kepada bapaknya: "Wahai bapakku, mengapa kamu
menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat
menolong kamu sedikitpun? Wahai bapakku, sesungguhnya telah datang
kepadaku sebahagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka
ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus.
Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaitan. Sesungguhnya syaitan
itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Wahai bapakku, sesungguhnya
aku khawatir bahwa kamu akan ditimpa azab dari Tuhan Yang Maha Pemurah,
maka kamu menjadi kawan bagi syaitan".
Mendengar seruan dan ajakan Nabi Ibrahim as, Azar mengingkari dan
bahkan mengancam Nabi Ibrahim as dengan rajam dan pengusiran : QS.
Maryam 46
قال أراغب أنت عن آلهتي يا إبراهيم، لئن لم تنته لأرجمنك واهجرني مليا
Berkata bapaknya: "Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama".
Berkata bapaknya: "Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama".
Azar mengingkari da'wah nabi Ibrahim as adalah karena Azar mendapatkan
“tempat” dan kemuliaan di masyarakatnya, terkait profesinya sebagai
pembuat dan penjual berhala. Dan tentunya sekiranya Azar menerima da'wah
Nabi Ibrahim, akan berakibat pada kemurkaan kaumnya. Namun Nabi Ibrahim
as berusaha sekuat tenaga untuk menda'wahi Bapaknya. Tercatat metode
yang beliau guanakan untuk menda'wahi Bapaknya adalah sebagai berikut :
1. Memberikan nasehat yang baik kepada Bapaknya.2. Memperingatkan Bapaknya dari bahaya syaitan
3. Metode memberikan ancaman (akhirat) apabila beliu tidak mengikuti da'wahnya.
4. Menda'wahi dengan cara yang lembut dan santun kepada Bapaknya, bahkan Nabi Ibrahim pernah juga mendoakan Bapaknya :
قال سلام عليك سأستغفر لك ربي إنه كان بي حفيا
Berkata
Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan meminta
ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku. (QS.
Maryam 47)
Namun
akhirnya setelah Nabi Ibrahim as telah mengetahui keingkaran Bapaknya
terhadap da'wah beliau, beliau pun menarik diri daripadanya dan tidak
lagi mendoakannya. Allah SWT berfimrna dalam Al-Qur'an :
وما كان استغفار إبراهيم لأبيه إلا عن موعدة وعدها إياه فلما تبين له أنه عدو لله تبرأ منه إن إبراهيم لأواه حليم
Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri daripadanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun. (QS. At-Taubah 114)
Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri daripadanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun. (QS. At-Taubah 114)
Dari da'wah yang beliau lakukan terhadap bapaknya, dapat disimpulkan bahwa beliau menggunakan metode da'wah sebagai berikut :
a. Menjelaskan tentang hakekat berhala; “Wahai bapakku, mengapa engkau menyembah sesuatu yang tidak dapat mendengar, melihat dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun.” QS. Maryam 42
b. Peringatan dari bahaya syaitan dan dari azab Allah SWT (QS Maryam 44 – 45)
c. Memberitahukan tentang kenabian dirinya. (QS. Maryam 42)
d. Kesabaran dan kelemahlembutan, diantaranya dengan mendoakannya (QS. As-Syu'ara' 86)a. Menjelaskan tentang hakekat berhala; “Wahai bapakku, mengapa engkau menyembah sesuatu yang tidak dapat mendengar, melihat dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun.” QS. Maryam 42
b. Peringatan dari bahaya syaitan dan dari azab Allah SWT (QS Maryam 44 – 45)
c. Memberitahukan tentang kenabian dirinya. (QS. Maryam 42)
Da'wah Nabi Ibrahim as Terhadap Raja Namrudz
Ulama berbeda pendapapat tentang kapan dilakukan da'wah Nabi Ibrahim
kepada Raja Namrudz bin Kan'an? Apakah sebelum penghancuran beliau
terhadap berhala-berhala dan sebelum beliau dilemparkan ke dalam api,
ataukah sesudahnya? Menurut Imam As-Sidy dialog antaran Nabi Ibrahim dan
Raja Namrudz ini terjadi pada hari keluarnya beliau dari Api, yaitu
setelah beliau menghancurkan berhala.
Namun yang jelas bahwa Raja yang diktator ini mendepat masalah Tauhid yang diajarkan nabi Ibrahim. Pertanyaan pertama dari sang Raja adalah sisapakah tuhanmu? Nabi Ibrahim menjawab, Tuhanku adalah Dzat yang menghidupkan dan mematikan. Namrudz kemudian menjabaw, 'Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan”. Lalu ia memanggil dua orang, dibunuh salah satunya serta dibiarkan yang lainnya. Kemudian manakala Sang Raja menampakkan kekafirannya dengan menjawab pertanyaan beliau, Nabi Ibrahim bertanya lagi dengan pertanyaan yang kemudian membuat Raja Namrudz terdiam tak mampu menjawab, “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dari barat.” (Kisah ini diabadikan dalam QS Al-Baqarah 258 :
Namun yang jelas bahwa Raja yang diktator ini mendepat masalah Tauhid yang diajarkan nabi Ibrahim. Pertanyaan pertama dari sang Raja adalah sisapakah tuhanmu? Nabi Ibrahim menjawab, Tuhanku adalah Dzat yang menghidupkan dan mematikan. Namrudz kemudian menjabaw, 'Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan”. Lalu ia memanggil dua orang, dibunuh salah satunya serta dibiarkan yang lainnya. Kemudian manakala Sang Raja menampakkan kekafirannya dengan menjawab pertanyaan beliau, Nabi Ibrahim bertanya lagi dengan pertanyaan yang kemudian membuat Raja Namrudz terdiam tak mampu menjawab, “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dari barat.” (Kisah ini diabadikan dalam QS Al-Baqarah 258 :
أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِي حَاجَّ إِبْرَاهِيمَ فِي رَبِّهِ أَنْ
ءَاتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ إِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّيَ الَّذِي
يُحْيِي وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا أُحْيِي وَأُمِيتُ قَالَ إِبْرَاهِيمُ
فَإِنَّ اللَّهَ يَأْتِي بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ
الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِي كَفَرَ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ
الظَّالِمِينَ
Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang
Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu
pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: "Tuhanku ialah Yang
menghidupkan dan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapat
menghidupkan dan mematikan". Ibrahim berkata: "Sesungguhnya Allah
menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," lalu
heran terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk
kepada orang-orang yang zalim.
Da'wah Nabi Ibrahim as Di Negri Hiran
Sebagaimana diketahui bahwa beliau lahir dan tumbuh di Babilonia,
kemudian pindah ke Baitul Maqdis, lalu kemudian berpindah juga ke Hiran.
Negri Hiran merupakan negri dimana penduduknya juga penyembah
bintang-bintang. Berbeda dengan metode da'wah beliau sebelumnya, di sini
beliau menggunakan metode yang berbeda. Dialog yang digunakan nabi
Ibrahim as lebih mendalam, bahkan beliau seolah turut terlibat langsung.
QS. Al-An'am 75 – 84
وكذلك
نري إبراهيم ملكوت السموات والأرض وليكون من الموقنين* فلما جن عليه الليل
رأى كوكبا قال هذا ربي فلما أفل قال لا أحب الآفلين* فلما رأى القمر بازغا
قال هذا ربي فلما أفل قال لئن لم يهدني ربي لأكونن من القوم الضالين* فلما
رأى الشمس بازغة قال هذا ربي هذا أكبر فلما أفلت قال ياقوم إني بريء مما
تشركون* إني وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا وما أنا من المشركين*
وحاجه قومه قال أتحاجوني في الله وقد هدان ولا أخاف ما تشركون به إلا أن
يشاء ربي شيئا وسع ربي كل شيء علما أفلا تتذكرون* وكيف أخاف ما أشركتم ولا
تخافون أنكم أشركتم بالله ما لم ينزل به عليكم سلطانا فأي الفريقين أحق
بالأمن إن كنتم تعلمون* الذين ءامنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم
الأمن وهم مهتدون* وتلك حجتنا ءاتيناها إبراهيم على قومه نرفع درجات من
نشاء إن ربك حكيم عليم* ووهبنا له إسحاق ويعقوب كلا هدينا ونوحا هدينا من
قبل ومن ذريته داود وسليمان وأيوب ويوسف وموسى وهارون وكذلك نجزي المحسن
Dan demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi, dan (Kami memperlihatkannya) agar Ibrahim itu termasuk orang-orang yang yakin. Ketika malam telah menjadi gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: "Inilah Tuhanku" Tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: "Saya tidak suka kepada yang tenggelam". Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi setelah bulan itu terbenam dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang-orang yang sesat". Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: "Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar", maka tatkala matahari itu telah terbenam, dia berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. Dan dia dibantah oleh kaumnya. Dia berkata: "Apakah kamu hendak membantahku tentang Allah, padahal sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kepadaku. Dan aku tidak takut kepada (malapetaka dari) sembahan-sembahan yang kamu persekutukan dengan Allah, kecuali di kala Tuhanku menghendaki sesuatu (dari malapetaka) itu. Pengetahuan Tuhanku meliputi segala sesuatu. Maka apakah kamu tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya)? Bagaimana aku takut kepada sembahan-sembahan yang kamu persekutukan (dengan Allah), padahal kamu tidak takut mempersekutukan Allah dengan sembahan-sembahan yang Allah sendiri tidak menurunkan hujjah kepadamu untuk mempersekutukan-Nya. Maka manakah di antara dua golongan itu yang lebih berhak mendapat keamanan (dari malapetaka), jika kamu mengetahui?" Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. Dan itulah hujjah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya`qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baikز
Dan demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi, dan (Kami memperlihatkannya) agar Ibrahim itu termasuk orang-orang yang yakin. Ketika malam telah menjadi gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: "Inilah Tuhanku" Tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: "Saya tidak suka kepada yang tenggelam". Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi setelah bulan itu terbenam dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang-orang yang sesat". Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: "Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar", maka tatkala matahari itu telah terbenam, dia berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. Dan dia dibantah oleh kaumnya. Dia berkata: "Apakah kamu hendak membantahku tentang Allah, padahal sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kepadaku. Dan aku tidak takut kepada (malapetaka dari) sembahan-sembahan yang kamu persekutukan dengan Allah, kecuali di kala Tuhanku menghendaki sesuatu (dari malapetaka) itu. Pengetahuan Tuhanku meliputi segala sesuatu. Maka apakah kamu tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya)? Bagaimana aku takut kepada sembahan-sembahan yang kamu persekutukan (dengan Allah), padahal kamu tidak takut mempersekutukan Allah dengan sembahan-sembahan yang Allah sendiri tidak menurunkan hujjah kepadamu untuk mempersekutukan-Nya. Maka manakah di antara dua golongan itu yang lebih berhak mendapat keamanan (dari malapetaka), jika kamu mengetahui?" Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. Dan itulah hujjah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya`qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baikز
Da'wah beliau ini menggunakan dialog yang dapat menggiring
'paradigma' berfikir dan keyakinan kaumnya, bahwa bintang, bulan dan
matahari tidak patut untuk disembah. Hanya pencipta itu semua yang patut
disembah, yaitu Allah SWT. Dalam dialog tersebut, beliau memposisikan
diri seolah sebagai orang yang mencari tuhan, yang hidup, berfikir dan
bernafas seperti mereka. Dengan posisi seperti ini, beliau leluasa
menggiring opini mereka, dan bahkan dapat mengantarkan mereka (atas izin
Allah) kepada agama yang benar, menyembah Allah SWT.
Kepergian Ke Mesir
Nabi Ibrahim as, istrinya Sarah dan juga Nabi Luth pergi ke Mesir
pada saat di Baitul Maqdis mengalami masa sulit. Disana bertemu dengan
Raja Mesir, yang tertarik dengan Sarah. Namun berkat pertolongan Allah
SWT mereka terselamatkan dari makar Sang Raja. Bahkan akhirnya mereka
dapat kembali ke Baitul Maqdis dengan membawa harta, hewan ternak serta
seorang budak.
Berita Gembira Untuk Nabi Ibrahim as
Setelah itu mereka menetap kembali di Baitul Maqdis. Di sini Allah
SWT memerintahkan kepada Nabi Ibrahim untuk melihat ke timur, barat,
utara dan selatan. Dan Allah memberikan kabar gembira kepadanya bahwa
sejauh matanya memandang tersebut akan menjadi daerah yang dikuasainya
hingga akhir zaman dari anak dan keterunannya. Padahal pada saat itu,
Nabi Ibrahim hanya beristrikan Sarah yang mandul.Namun Nabi Ibrahim as
tetap berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keturunan, dengan sebuah
doa yang diabadikan dalam Al-Qur'an :
وقال إني ذاهب إلى ربي سيهدين* رب هب لي من الصالحين* فبشرناه بغلام حليم*
Dan Ibrahim berkata: "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku,
dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku. "Ya Tuhanku, anugerahkanlah
kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. Maka Kami
beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar. (QS.
As-Shafat 99 – 101)
Dan Allah mengabulkan permohonannya dengan Nabi Ismail as, dari istrinya
Hajar. Hajar adalah seorang budak yang diberikan Raja Mesir untuk
Sarah. Namun kemudian Sarah memberikan Hajar kepada Nabi Ibrahim as, dan
menikahkannya dengan keridhaannya, dengan harapan agar Allah SWT
memberikan keturunan yang shaleh. Usia Ibrahim ketika itu kurang lebih
80 th.
Perintah Untuk Meninggalkan Anak Dan Istrinya di Mekah
Ketika nabi Ismail masih dalam susuan, Nabi Ibrahim diperintahkan
Allah SWT untuk membawa anak dan istrinya ke Baitullah al-Haram di Mekah
Al-Mukarramah. Bahkan Allah memerintahkannya untuk meninggalkan anak
dan istrinya tersebut di tempat itu.
ربنا
إني أسكنت من ذريتي بواد غير ذي زرع عند بيتك المحرم ربنا ليقيموا الصلاة
فاجعل أفئدة من الناس تهوي إليهم وارزقهم من الثمرات لعلهم يشكرون
Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian
keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah
Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu)
agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia
cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan,
mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS Ibrahim : 37)
Perintah Untuk Menyembelih Anaknya
Kemudian beliau diuji kembali dengan mimpi beliau menyembelih nabi
Ismail putra beliau, yang kala itu baru berumur 13 tahun. Pada saat itu
nabi Ismail telah mencapai usia bisa berusaha. Dan pada akhirnya Nabi
Ibrahim as melaksanakannya, dan digantikan Nabi Ismail dengan seekor
Kibas dari surga persis pada saat Nabi Ibrahim akan melakukan
penyembelihan. Hal ini Allah abadikan dalam Al-Qur'an : QS. As-Shaffat
102 – 112 :
فَلَمَّا
بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَابُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ
أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَاأَبَتِ افْعَلْ مَا
تُؤْمَرُ فَلَمَّا أَسْلَمَا وَتَلَّهُ لِلْجَبِينِ* وَنَادَيْنَاهُ أَنْ
يَاإِبْرَاهِيمُ* قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي
الْمُحْسِنِينَ* إِنَّ هَذَا لَهُوَ الْبَلاَءُ الْمُبِينُ* وَفَدَيْنَاهُ
بِذِبْحٍ عَظِيمٍ* وَتَرَكْنَا عَلَيْهِ فِي الْآخِرِينَ* سَلاَمٌ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ* كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ* إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا
الْمُؤْمِنِينَ* وَبَشَّرْنَاهُ بِإِسْحَاقَ نَبِيًّا مِنَ الصَّالِحِينَ*
سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ*
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu", sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim". Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishaq, seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh.
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu", sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim". Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishaq, seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh.
Ujian
untuk menyembelih anak, lebih berat dibandingkan dengan ujian ketika
beliau dilemparkan ke dalam api untuk dibakar. Karena perjuangan beliau
mendapatkan keturunan harus melalui proses yang panjang. Kemudian karena
keiffahannya Sarah mendapatkan hadiah seorang budak. Lalu dengan
keikhlasan Sarah, budak tersebut dinikahkan ke Nabi Ibrahim. Karena
keikhlasan Sarah, Allah SWT pun memberikan anugerah mulia bagi Sarah.
Hal ini seperti yang diabadikan dalam Al-Qur'an (QS. Ad-Dzariyat : 24 –
30)
هل
أتاك حديث ضيف إبراهيم المكرمين* إذ دخلوا عليه فقالوا سلاما قال سلام قوم
منكرون* فراغ إلى أهله فجاء بعجل سمين* فقربه إليهم قال ألا تأكلون* فأوجس
منهم خيفة قالوا لا تخف وبشروه بغلام عليم* فأقبلت امرأته في صرة فصكت
وجهها وقالت عجوز عقيم* قالوا كذلك قال ربك إنه هو الحكيم العليم*
Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salaaman", Ibrahim menjawab: "Salaamun" (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal. Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk (yang dibakar), lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim berkata: "Silakan kamu makan". (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata: "Janganlah kamu takut," dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq). Kemudian isterinya datang memekik (tercengang) lalu menepuk mukanya sendiri seraya berkata: "(Aku adalah) seorang perempuan tua yang mandul". Mereka berkata: "Demikianlah Tuhanmu memfirmankan". Sesungguhnya Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.
Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salaaman", Ibrahim menjawab: "Salaamun" (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal. Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk (yang dibakar), lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim berkata: "Silakan kamu makan". (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata: "Janganlah kamu takut," dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq). Kemudian isterinya datang memekik (tercengang) lalu menepuk mukanya sendiri seraya berkata: "(Aku adalah) seorang perempuan tua yang mandul". Mereka berkata: "Demikianlah Tuhanmu memfirmankan". Sesungguhnya Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.
Sebagai seroang wanita Sarah heran dengan berita gembira yang
disampaikan oleh Malaikat. Namun kemudian malaikat meyakinkan, bahwa ini
merupakan kehendak Allah SWT mengabadikannya QS Hud 72 – 73 :
قالت
ياويلتى ءألد وأنا عجوز وهذا بعلي شيخا إن هذا لشيء عجيب(72)قالوا أتعجبين
من أمر الله رحمة الله وبركاته عليكم أهل البيت إنه حميد مجيد(73)
Isterinya berkata: "Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula? Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh. Para malaikat itu berkata: "Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah."
Isterinya berkata: "Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula? Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh. Para malaikat itu berkata: "Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah."
Hikmah dari perjalanan Nabi Ibrahim as :
1.Keberanian yang luar biasa dalam memperjuangkan kebenaran. Diantaranya adalah dalam hal-hal berikut :
a. Ketika menghancurkan berhala, tanpa peduli dengan bahaya yang ditimbulkan dari aksinya tersebut.
a. Ketika menghancurkan berhala, tanpa peduli dengan bahaya yang ditimbulkan dari aksinya tersebut.
b.
Penjulukannya terhadap kaumnya yang menyembah berhala dengan julukan
gila, kehilangan akal, bahkan penghinaannya terhadap berhala-berhala
tersebut : (QS Al-Anbiya' 67)
أف لكم ولما تعبدون من دون الله أفلا تعقلون
Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami?
Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami?
c.
Ketika beliau dilemparkan ke api, sedikitpun beliau tidak merasa
takut atau khawatir. Yang terucap oleh beliau hanya habunallah wani'mal
wakil.
d.
Berani mendebat Raja Namrud yang kejam dan diktator. Padahal di
masanya, Raja Namrudz merupakan sosok raja yang memiliki dunia dan
ditakuti oleh semua orang. Namun beliau bernai berbicara dan
menentangnya secara langsung dihadapan sang Raja.
2. Memiliki fariasi dalam metode da'waha. Beliau menggunakan metode dialog yang lembut ketika menda'wahi Bapaknya Azar.. Dialog yang pantas antara seorang anak dengan Bapaknya.
b. Sikap ini berbeda, ketika beliau menda'wahi kaumnya yang terkesan lebih tegas.
c. Demikian juga metode beliau dalam menda'wahi kaum penyembah berhala. Dimana beliau turut masuk ke dalam kaum tersebut. Lalu berdiskusi atas apa yang mereka sembah. Beliau arahkan dari bintang, bulan dan matahari. Sekiranya sejak awal beliau mengatakan bahwa menyembah bintang adalah batil, pastilah sejak awal beliau diusir oleh kaumnya.
3. Memiliki kecerdasan dan kemampuan diskusi yang luar biasa. Dinataranya terlihat dari hal-hal berikut :
a. Dalam memilih waktu yang tepat untuk menghancurkan berhala. Yaitu pada hari dimana kaumnya melakukan perayaan yang menjadikan mereka tidak terlalu mengawasi berhala-berhalanya. Kondisi seperti ini menjadikan Nabi Ibrahim sangat leluasa untuk menghancurkan berhala.
b. Beliau tidak menghancurkan semua berhala. Namun beliau sisakan berhala yang paling besar, lalu beliau gantungkan kapak yang beliau gunakan untuk menghancurkan berhala di leher berhala yang paling besar. Ketika kaumnya datang dan bertanya kepada beliau siapa yang melakukan hal ini, Nabi Ibrahim menjawab, yang melakukannya adalah berhala yang paling besar :
a. Dalam memilih waktu yang tepat untuk menghancurkan berhala. Yaitu pada hari dimana kaumnya melakukan perayaan yang menjadikan mereka tidak terlalu mengawasi berhala-berhalanya. Kondisi seperti ini menjadikan Nabi Ibrahim sangat leluasa untuk menghancurkan berhala.
b. Beliau tidak menghancurkan semua berhala. Namun beliau sisakan berhala yang paling besar, lalu beliau gantungkan kapak yang beliau gunakan untuk menghancurkan berhala di leher berhala yang paling besar. Ketika kaumnya datang dan bertanya kepada beliau siapa yang melakukan hal ini, Nabi Ibrahim menjawab, yang melakukannya adalah berhala yang paling besar :
قالوا ءأنت فعلت هذا بآلهتنا ياإبراهيم(62)قال بل فعله كبيرهم هذا فاسألوهم إن كانوا ينطقون(63)
Mereka bertanya: "Apakah kamu, yang melakukan perbuatan ini terhadap
tuhan-tuhan kami, hai Ibrahim?" Ibrahim menjawab: "Sebenarnya patung
yang besar itulah yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada berhala
itu, jika mereka dapat berbicara".
c.
Beliau juga meminta kepada kaumnya untuk bertanya kepada berhala
yang paling besar, apakah dia yang menghancurkannya? Ketika itulah,
hujah menjadi sangat nyata dan jelas, bahwa berhala tidak bisa
berkata-kata dan tidak bisa berbuat apa-apa. Akankah berhala seperti itu
disembah?
4. Tidak terpengaruh dengan perasaan dalam menjalankan perintah Allah SWT, baik ketika berda'wah terhadap ayahnya, maupun ketika melaksanakan perintah Allah terkait dengan anaknya, Ismail as.
a. Beliau membawa istri dan anaknya yang masih menyusui dari Palestina ke Mekahyang gersang dan tandus, lalu meninggalkannya di tempat tersebut.
b. Implementasi beliau terhadap perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail. Dengan tanpa ragu beliau mengimplementasikannya.
4. Tidak terpengaruh dengan perasaan dalam menjalankan perintah Allah SWT, baik ketika berda'wah terhadap ayahnya, maupun ketika melaksanakan perintah Allah terkait dengan anaknya, Ismail as.
a. Beliau membawa istri dan anaknya yang masih menyusui dari Palestina ke Mekahyang gersang dan tandus, lalu meninggalkannya di tempat tersebut.
b. Implementasi beliau terhadap perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail. Dengan tanpa ragu beliau mengimplementasikannya.
Wallahu A'lam Bis Shawab
By. Rikza Maulan
Sumber :
Manahij Ulil Azmi Minar Rusul Fi Tabligi Da'wah
By. Dr. Abdul Wahab Abdul A'thi Abdullah
No comments:
Post a Comment